Rabu, 19 Januari 2011

Homo Sapiens ( Manusia purba yang Cerdas )

 Homo Sapiens

Homo Sapiens adalah jenis manusia purba yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Mereka telah memiliki sifat seperti manusia sekarang. Kehidupan mereka sangat sederhana, dan hidupnya mengembara.Jenis fosil Homo Sapiens yang ditemukan di Indonesia terdiri dari:
Fosil manusia yang ditemukan di daerah Ngandong Blora di Sangiran dan Sambung Macan, Sragen, lembah Sungai Bengawan Solo tahun 1931 - 1934. Fosil ini setelah diteliti oleh Von Koenigswald dan Weidenreich diberi nama Homo Sapien Soloensis dan Homo Sapiens Wajakensis.
Tempat penemuan kedua fosil manusia di atas adalah lapisan Ngandong atau Pleistocen Atas dan hidupnya diperkirakan 100.000 - 50.000 tahun yang lalu. Untuk memudahkan Anda memahami lokasi penemuan jenis manusia purba di Indonesia, maka perhatikanlah gambar peta berikut ini.
Gambar 14. Peta Lokasi Penemuan Fosil Manusia Purba di Jawa Timur.
Setelah Anda mengamati gambar peta lokasi penemuan fosil manusia purba, selanjutnya Anda dapat melengkapi tabel 3 berikut ini.
Tabel 3. Jenis Manusia Purba di Indonesia.
Seyoganya Anda tidak melihat terlebih dahulu kunci jawabannya, agar kemampuan pemahaman Anda terukur. Untuk selanjutnya Anda dapat mencocokkan apa yang Anda lengkapi pada tabel 3 dengan kunci jawabannya berikut ini.
1. Homo Sapiens Wajakensis 2. Von Reitschotten 3. Wajak/Tulung Agung 4. 1889 5. Homo Sapiens Soloensis 6. Von Koenigswald 7. Nagndong/Solo8. 1931 - 1934 9. Homo Erectus 10. Eugene Dubouis
11. 189012. Von Koenigswald 13. Ngandong 14. 1939 15. Homo Mojokertensis 16. Perning/Mojokerto 17. 1936 18. Meganthropus Palaeojavanicus 19. Von Koenigswald 20. Sangiran

13 komentar:

  1. @Rahmad ( Master ): Bagi para pembaca sekalian, demi kebaikan dan kemajuan dari BLOGGER saya ini, saya harap para pembaca sekalian berkenan memberikan kritik dan sarannya yang bersifat membangun. agar kedepan BLOGGER saya ini bisa tampil lebih baik lagi untuk selanjutnya.

    BalasHapus
  2. @Rahmad ( Master ): Bagi para pembaca sekalian, yang ingin mendapatkan sebuah artikel tentang berbagai hal ( UMUM ), silakan tulis judul artikel yang anda butuhkan pada kotak Comment ini.

    .....* BLOGGER INI TAK AKAN SEMPURNA TANPA KRITIK DAN SARANMU KAWAN *.....

    BalasHapus
  3. Gan makasih atas postingannya tugas sekolah q akhirnya sdah selesai................
    .....tapi mohon di tambah lagi gambar/penjelasan jenis manusia purba lainnya khusus nya jenis Homo...........

    mkasih banyak ......

    BalasHapus
  4. mana gambarnya ? butuh nih !

    BalasHapus
  5. akhirnya tugas sekolah selesai :)

    BalasHapus
  6. warna tulisan dengan background (biru) ngga match. jd tulisannya tenggelem. saya agak pusing hehe

    BalasHapus
  7. Ditambah lagi dong postingannya
    Ijin ngeshare blog aku nih
    Www.liberalsekolah.com
    Www.liberalpariwisata.com
    Www.liberalminecraft.com

    BalasHapus
  8. Ditambah lagi dong postingannya
    Ijin ngeshare blog aku nih
    Www.liberalsekolah.com
    Www.liberalpariwisata.com
    Www.liberalminecraft.com

    BalasHapus
  9. sudah cukup informatif dan lebih lengkap lagi kalau diberitahu sumber bacaannya.trimakasih I'm proud of you.gali terus ...

    BalasHapus